Keydelay


Cara sehat mengolah kedelai.

January 11, 2015

Genistein

Apa itu genistein? Berikut penjelasannya.

 

Istilah

Adalah fitoestrogen yang termasuk isoflavon. Pertama kali diambil (diisolasi) dari Genista tinctoria tahun 1899.

 

Properti

Ekstrak genistein berupa bubuk putih (off-white to yellow) dengan rumus molekul C15H10O5 (gambar skeletal), titik lebur / cair > 280 °C, terdekomposisi / hancur pada suhu sekitar 297 °C. Banyak terkandung dalam kedelai, adapula di kopi. Larut dalam etanol juga DMSO. Memiliki efek yang bagus sebagai antioksidan tetapi di sisi buruk seperti bisa melepas kepala sel sperma, tetapi tidak berdampak / berpengaruh pada kecacatan janin.

 

Keburukan genistein

Genistein dapat membakar sel sperma yang akan membuahi sel telur meskipun dalam jumlah mikro menurut jurnal berikut. Efek lainnya yaitu pria akan seperti wanita karena isoflavon termasuk genistein dapat bekerja seperti hormon estrogen. Setidaknya ini dapat dihindari dengan mengurangi asupan kedelai di masa subur. Dapat beresiko terhadap janin jika dikonsumsi semasa hamil, seperti leukemia. Bisa mengganggu terapi kanker payudara dengan mengacaukan obatnya, lagi-lagi karena mirip dengan estrogen.

 

Kebaikan genistein

Genistein dapat mengatasi pertumbuhan sel kanker, seperti sehatnya susu kedelai yang dipromosikan belakangan ini. Dapat mencegah kanker prostat, serviks, otak, dada / payudara, dan usus, juga serangan jantung. Selain itu tidak hanya antitumor dan antioksidan tetapi aktif sebagai redoks, bisa mencegah efek dari radikal bebas seperti isoflavon lainnya.

 

Kandungan genistein pada olahan kedelai

Berikut data kandungan genistein pada setiap olahan kedelai dalam satuan mg / 100 g. Data berikut merupakan estimasi, hasil rumus median dari jurnal berikut. Pada jurnal ini datanya malah berbeda jauh (terutama untuk edamame justru lebih sedikit kandungannya dibanding kedelai matang), bisa dilihat sendiri.

Olahan kedelai Genistein
Kedelai kering? 58,7
Edamame 72,9
Kedelai rebus 24,4
Kinako (黄粉) 69,7
Kecambah kedelai 26,8
Tahu 15,6
Tahu beku, kōri-dōfu (凍り豆腐) 29,7
Tahu goreng, abura-age (油揚げ) 22,8
Tahu goreng, nama-age (生揚げ) 18,5
Ganmodoki (がんもどき) 23,3
Susu kedelai 7,1
Okara (rendah tahu) 4,1
Kembang tahu, yuba (湯葉) 59,9
Nattō (納豆) 37,2
Miso (味噌) 46,8
Kecap 0,8

No comments