Keydelay


Cara sehat mengolah kedelai.

February 4, 2015

Okara

Apa itu okara? Berikut penjelasannya.

 

Istilah

Okara (おから, kanji: 御殻 atau 雪花菜) adalah sisa / ampas dari penyaringan sari kedelai dari cairannya, atau lebih singkatnya ampas tahu. Bahasa Mandarin okara: xuě huā cài atau doùzhā (雪花菜 atau 豆渣), Korea biji (비지).

 

Properti

Okara berupa ampas tahu dari susu kedelai yang biasa digunakan untuk membuat tempe gembus dan oncom tahu, selain sebagai pakan ternak. Warnanya putih kekuningan jika dimasak dengan kulit kedelai berwarna hijau kelabu dan beraroma tahu, biasanya para pengrajin mengerti karakteristiknya. Bisa digunakan sebagai pupuk karena kandungan unsur nitrogennya. Sekitar 80 % tersusun oleh air, 12% oleh karbohidrat, mineral terbanyak berupa kalium, sumber USDA. Untuk vegetarian, bisa dibuat burger okara. Di Jepang biasa dibuat unohana (卯の花), semacam olahan sayur.

 

Tempe gembus

Menurut buku ini, tempe okara / gembus yang digoreng tekstur dan rasanya dapat menyerupai fillet ikan atau bahkan kentang french-fried. Karena teksturnya yang lunak tidak memungkinkan untuk diiris melebar seperti keripik tempe. Sewaktu digoreng bisa menyerap minyak lebih banyak dibanding tempe kedelai. Dibuat dengan dikukus, didinginkan, dicetak, kemudian diragi.

No comments