Keydelay


Cara sehat mengolah kedelai.

February 13, 2015

Membuat keripik tahu kulit

Tahu kulit / pong yang diiris melebar kemudian digoreng / dibumbui tepung sangat renyah dan enak. Cocok untuk cemilan yang cukup karbohidrat dan proteinnya, juga lauk nasi / teman makan cabai.

Sumber utama blog ini. 1 dari 10 porsi keripik tahu kulit / pong berikut (kalori > 80 kkal, mungkin sekitar 4 potong, tanpa bawang putih) mengandung 4–8 g protein, > 8 g karbohidrat, rendah lemak serta cukup zat besi (Fe). Pada gambar, keripiknya masih segar.. masih ditiriskan dan tidak terlalu kecoklatan.

 

Resep

Bahan:

  • Tahu*
  • 100 g (sekitar ½ gelas) tepung terigu**
  • 20–50 g tepung beras
  • 1 sdt garam
  • Air untuk adonan secukupnya
  • Minyak goreng

* Sekitar 20 tahu kulit / pong, belah menjadi 2 / beberapa bagian. Tips: tahunya bisa dimekarkan seperti gambar disamping, supaya matang luar-dalam tentunya. Isinya bisa dicampur ke adonan sisa kemudian diaduk rata, bisa jadi kremesan...

** Pakai yang protein sedang (all-purpose) sekitar 10–12%. Tambahkan bumbu jika perlu, seperti bawang putih yang dihaluskan sampai rata.

Alat: Sesuaikan sendiri

Cara membuat:

  1. Buat pelapisnya dengan mencampur tepung, garam, dan air sampai jadi adonan secara rata.
  2. Lumuri tahu yang sudah dimekarkan / dibelah dengan pelapis sampai rata luar-dalam. Tata.
  3. Panaskan minyak sampai menguap, goreng tahu menjadi keripik sampai emas-kecoklatan / matang dengan api sedang. Angkat, tiriskan.
  4. Keripik tahu kulit / pong siap disajikan.

No comments