Keydelay


Cara sehat mengolah kedelai.

February 13, 2015

Membuat keripik tahu maizena

Keripik tahu keras dengan lapisan tepung maizena yang digoreng jadi krispi bikin ketagihan. Mengandung protein dan lemak yang cukup, cocok untuk lauk nasi.

Sumber dari situs ini. Simpan keripik tahu maizena ini kedalam toples kedap udara, agar tetap crunchy. 1 dari 5 porsi keripik tahu berikut (kalori > 170 kkal, pakai bawang putih) mengandung 10–20 g protein (> 25 % AKG), > 5 g lemak, > 5 g karbohidrat, serta kaya kalsium dari tahu dan natrium. Pada gambar, tahunya digoreng dengan sedikit minyak sayur secara bersamaan dengan wajan datar (tanpa deep frying), jadi hasilnya agak gosong gitu...

 

Resep

Bahan:

  • 500 g tahu*
  • 5–10 sdm tepung maizena**
  • Air untuk adonan secukupnya
  • Sekitar ½ sdm garam
  • Minyak goreng

* Tahu putih / cina yang keras, balok, potong-potong. Tips: tekan tahunya sampai keluar airnya, tapi hati-hati jangan jadi gepeng.. supaya kering. Selain itu untuk rasa yang ekstra, menurut sumber rendam tahunya dengan campuran kecap manis dan minyak wijen selama beberapa menit sebelum dilumuri tepung maizena.

** Yaitu tepung jagung yang kuning-kuning itu, takarannya antara 40–80 g.

Alat: Sesuaikan sendiri

Cara membuat:

  1. Buat adonannya dengan mencampur tepung, air, dan garam secara rata.
  2. Lumuri keatas tahu sambil ditos-tos sampai merata dan kebagian semua.
  3. Panaskan minyak sampai menguap, goreng tahu diatas wajan panas sampai keemasan / matang, bisa dengan api sedang. Angkat, tiriskan.
  4. Keripik tahu maizena siap disajikan segera dengan cabai hijau, panasnya...

No comments